Membuat Antena Penangkap Sinyal Wi-Fi Sederhana

Diposkan oleh Dwi sismoyo on Minggu, 22 Januari 2012

Berbagai cara dilakukan oleh para penggila wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan gain sinyal perangkat wifi mereka untuk menambah tangkapan sinyal dari akses point ataupun hotspot.
Hal ini dilakukan pada umumnya untuk dapat terus menggunakan akses internet maupun sumber daya jaringan lain yang terhubung dengan akses point atau hotspot tersebut. Kualitas tangkapan sinyal dari sebuah perangkat wifi pada arsitektur 802.11 a/b/g atau n dalam menangkap sinyal wifi dari pancaran sebuah akses point atau hotspot pada umumnya dibatasi oleh beberapa hal. Faktor jarak yang relatif jauh dan juga factor hambatan lain seperti pemasangan sebuah hotspot yang tidak benar pada ruangan gedung yang tidak terjangkau juga menjadi salah satu sebab berkurangnya kualitas tangkapan sinyal pada perangkat wifi di komputer anda.
Beberapa alat tambahan dibuat dan dijual secara komersil oleh produsen perangkat wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan sinyal perangkat wifi standar. Namun karena beberapa faktor seperti harganya yang cukup mahal membuat perangkat tersebut kurang begitu diminati oleh para konsumennya. Salah satu alat yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas sebuah perangkat wifi adalah antenna wifi eksternal yang dapat anda jumpai pada toko-toko komputer di kota anda.
Namun bagi anda yang terlanjur membeli sebuah wifi USB adapter standard dan merasa tidak puas dengan hasil tangkapan sinyal wifi anda tersebut, maka anda dapat mengubah wifi USB adaptor anda tersebut menjadi sebuah antenna wifi USB eksternal dengan sedikit kreatifitas.
Antena Wifi USB atau biasa disebut dengan Uni-Directional Wifi Range Extender adalah sebuah perangkat tambahan pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tangkapan sinyal wireless standar dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan adapter USB Wifi standar.
Dalam pembuatan antenna Wifi USB ini kita tidak memerlukan modifikasi apapun pada adapter USB wifi standar kita ataupun mengubah bentuk fisik komputer (PC) anda. Hanya sebuah jalan pintas yang mudah untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan jarak dari adaptor USB Wifi anda. Dan cara ini bekerja juga untuk seluruh jenis adaptor USB wifi standar yang biasa anda pakai.

Alat dan Bahan
Dalam proses pembuatannya, yang anda perlukan untuk membuat antenna Wifi USB ini adalah beberapa peralatan yang relatif murah, sederhana, dan mudah anda dapatkan di dalam rumah anda. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan tersebut adalah :

* Tutup Panci/wajan penggorengan (bahan dari metal)
* Tang (untuk melubangi tutup panci)
* Lem Alteco (perekat)
* Permen Karet
* USB Wifi Adapter
* USB Extension Cable

Langkah Pertama – Membuka tutup panci

Ketika anda membeli sebuah tutup panci, pada umumnya tutup panci tersebut memiliki pegangan yang dapat dilepas dengan cara memutarnya. Bukalah pegangan tutup panci tersebut dengan cara memutar pegangan panci tersebut sehingga lubang pegangan tutup panci tersebut terbuka.
Langkah Kedua – Melubangi Tutup Panci
Tutup panci harus anda coak terlebih dahulu agar lubang yang tersedia cukup besar, dimana lubang tersebut nantinya berguna untuk menempatkan extension cable yang telah disiapkan. Gunakan tang untuk melubangi tutup panci tersebut. Lubangi bagian tengah tutup panci anda dengan cara di coak menggunakan tang yang telah disiapkan. Yang perlu di ingat adalah lubang yang dibuat harus pas untuk extension cable yang nanti akan ditancapkan pada tutup panci tersebut.
Langkah ketiga – Memasukkan USB extension cable
Masukkan bagian Female end dari USB extention cable anda (bagian kabel yang tidak konek ke komputer atau yang akan masuk ke dalam slot USB wifi adapter) kedalam lubang yang baru saja dilubangi. Jika belum pas, maka lubangi kembali tutup panci hingga sesuai dengan bagian tersebut.
Langkah Keempat – Memperkuat USB Extension Cable
Setelah USB extension cable telah terpasang pada tutup panci, kemudian rekatkan permen karet yang telah disiapkan (kunyah dulu sebelum direkatkan hingga permen karet lembek). Kemudian lem bagian tersebut hingga mengeras atau kuat dengan menggunakan lem alteco. Tujuan utama langkah ini adalah agar antara USB extension cable dan bagian metal tutup panci tersebut tidak bergoyang. Pastikan lem tersebut benar-benar kuat dengan cara mengelem pada kedua sisi konektor tersebut.
Langkah Kelima – Memasang USB wifi Adapter
Setelah lem merekat kuat pada bagian yang diinginkan, maka antenna wifi USB anda telah siap digunakan. Langkah terakhir adalah menempatkan USB wifi adapter anda kedalam port yang tersedia pada antenna wifi anda.
Langkah Terakhir – Memasang Antena
Langkah terakhir adalah menghubungkan male end USB antenna wifi anda tersebut (dari extension cable) ke dalam port USB di komputer anda. Ada baiknya jika anda menggunakan alat penyangga untuk menahan perangkat ini agar mudah digunakan dan diarahkan. Anda dapat menggunakan tripod handycam atau menempelkannya langsung pada jendela kamar anda.
Kini anda dapat menikmati kekuatan sinyal wifi yang kuat dari jarak yang relatif jauh. Nyalakan aplikasi Netstumber atau Kismet untuk melihat kekuatan gain sinyal wifi yang bisa anda dapatkan. Dan alat ini telah siap untuk ber-war driving sinyal wifi hotspot tetangga anda Namun perlu diingat bahwa alat ini digunakan untuk memfokuskan penangkapan sinyal pada target pemancar sinyal, sehingga pada penggunaannya, arahkanlah alat ini pada sebuah pemancar sinyal atau hotspot agar penggunaannya lebih maksimal.

{ 35 komentar... read them below if any or add comment }

fivien mengatakan...

wah info yang sangat bagus gan .... thanks.. :)

allan ganigan mengatakan...

http://thepc-appzz.blogspot.com/

lina @happy family mengatakan...

Di rumah pakai Speedy wireless. Kalau hujan, koneksi biasanya terganggu/putus2. Antena ini bisa membantu?

DSismoyo Dhwee mengatakan...

ya lumayan bisa diandalkan si. tapi itu kalau di sekitar rumah kalian ada pemancar sinyal Wi-Fi lo..
heheee....

Sundul mengatakan...

Kreatif ...

dzikri hapmi nurinsyan mengatakan...

gan , sejauh mana antena ini bisa nge jangkau wifi ?
harus di instal pake drive ga?
mohon permcerahanya .

DSismoyo Dhwee mengatakan...

dzikri hapmi nurinsyan >> antena ini mampu menjangkau sejauh 5km tapi ingat itu dalam keadaan lost.... yang kamu mksud "drive" itu apa?

johan mengatakan...

menarik sekali

cepy ferniawan mengatakan...

nice share gan ,, teruskan artikel* yg bermanfaat.

Reksa MA'MUR mengatakan...

mau nanya gan permen karet buat apa ya

Wildan Namora mengatakan...

Thanks kak infonya ...
(Wildan Namora - X TKJ)

Dwisismoyo Kenshei mengatakan...

sama-sama mas bro

Dwisismoyo Kenshei mengatakan...

apa ini?

Dwisismoyo Kenshei mengatakan...

ini antena buat menagkap sinyal wifi kak, jadi buat memperkuar sinyal

Dwisismoyo Kenshei mengatakan...

makasih gan

Dwisismoyo Kenshei mengatakan...

iya saa-sama Wildan

Dwisismoyo Kenshei mengatakan...

makasih.........

Dwisismoyo Kenshei mengatakan...

ane kagak tau..........

Anonim mengatakan...

info yg sangat2 membantu,, kira2 2km masih bisa jangkau kah??

bonzak aja mengatakan...

klo gue sich..cuman bisa menangkap cuman sampai 500m dan bisa meretas pas WIFI :)

Dwi Sismoyo mengatakan...

insya allah bisa mas... asalkan dalam keadaan los...
ngga ada halangan.. :)

Dwi Sismoyo mengatakan...

wah.. hacker nih om...

hendi wijaya mengatakan...

mantep gan infony :D

blogwalking ya gan

Dwi Sismoyo mengatakan...

makasih

ucoxxx mengatakan...

gan..di dekat rumah ane ada hotspot gratis dengan jarak pancaran kira2 50 m aja.. tapi rumah ane jaraknya sekitar 500m jadi gak nangkep.. tp klo pake cara diatas mang bisa nangkep..???

kiki kuku mengatakan...

berapa harga alat Uni-Directional Wifi Range Extender?
dan dimana mncarinya?

kiki kuku mengatakan...

maksud sya USB Wifi Adapter yng terbaik apa gan?
n berpa harganya?

Dwi Sismoyo mengatakan...

insya allah, kalo pointing ma konfigurasinya benar dapet mas

Dwi Sismoyo mengatakan...

mmm, maksudnya usb WLAN atau bagaimana mas?

Dwi Sismoyo mengatakan...

makasih mas

Fahri Nuralim mengatakan...

Mantap sekali gan (y)

Blog nya sudah saya follow, jngan lupa follback blog saya ya gan hehe

http://unik86.blogspot.com/

Di tunggu loh gan hehe

Salam kenal :)

RisneSparKyu ELF mengatakan...

memang jadi nih, makasih

Dwi Sismoyo mengatakan...

tes

afrilla adhitya mengatakan...

klau gx ada gmna
Adhit-megazine

Wiwidz aja mengatakan...

bos aq pakai laptop ,bisa untuk dipai kan itu antennya

Poskan Komentar

Jika ada comment tuliskan comment mu di sini, kami menghargai kesopanan anda, comment tidak boleh sara, dilarang saling menjelek-jelekan pihak lain, dilarang menaruh live link sembarangan!

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot